Minggu, 04 Desember 2011

KURIKULUM BAHASA JAWA 2010




Konon,, ada kurikulum Bahasa Jawa tahun 2010,, tapi apakah kurikulum itu sudah beredar di dunia pendidikan? mengapa di BSE belum ada buku bahasa Jawa? padahal banyak sekali lulusan Pendidikan bahasa Jawa,, atau mungkin dikarenakan alumni yang mahir dalam bahasa Jawa kurang dekat atau kurang diperhatikan oleh pihak atas (pejabat negara).
Kurikulum yang beredar umumnya kurikulum 2007,, apakah memang ada kurikulum bahasa Jawa untuk SD, SMP, SMA negeri dan swasta tahun 2010????
Semoga dalam waktu dekat dibuat kurikulum 2010, yang tersebar secara luas dalam dunia pendidikan, dan diperlukan juga penataran bagi guru Bahasa jawa agar tidak ketinggalan zaman,, di dunia modern,, walaupun ada sebagian ilmu zaman dahulu (ilmu bahasa dan Hanacaraka, petuah2 zaman dahulu) yang masih diajarkan sebagai pelestarian budaya.
Hal ini mungkin disebabkan karena Bahasa Jawa merupakan mapel MULOK di sekolah,, jika wayang bisa go internasional dengan bahasa Jawanya,, mengapa Indonesia belum juga memberikan kesempatan bahasa jawa untuk go Internasional,,, okey,, Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu,, semoga menjadi pembimbing dalam tutur kata setiap hari bangsa Indonesia.,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar